Kamis, 29 Maret 2012 | By: Aditya Galang Mahafi

7 Penyakit Berbahaya Ditularkan Hewan

Hewan adalah makhluk hidup yang juga cukup dekat dengan lingkungan hidup manusia. Ada juga diantara mereka yang dijadikan hewan peliharaan, hewan penjaga dan penelitian. Hewan ada yang buas, liar ada pun yang lucu, menarik dan jinak. Namun taukah anda ? hewan-hewan juga dapat menularkan beberapa virus yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa dapat menimbulkan kematian.

Hewan memang kadang menularkan beberapa penyakit berbahaya, namun bukan berarti kita harus menghindari hewan, takut bahkan sampai membunuh hewan tersebut. Kita harus lebih dewasa menyikapinya, dan lebih waspada saja. Kebersihan lingkungan dan menjaga kondisi alam adalah hal yang terpenting. Berikut beberapa penyakit tersebut :

1. Trypanosomiasis


Penyakit ini menginfeksi manusia melalui gigitan serangga. Penyakit ini biasa ditemui di Afrika dengan jumlah infeksi yang mencapai 10 juta orang. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan lalat tse-tse. Biasanya lalt ini menggigit hewan ternak para penduduk, akibatnya banyak hewan yang mati. Jika lalt ini menggigit mjanusia akibatnya juga sama fatalnya. Ada dua macam penyakitnya nih yang pertama disebabkan oleh lalat tse-tse nah yang kedua ini disebabkan oleh serangga pembunuh Afrika yang istilahnya kissing atau assassin bug. 

2. Anthrax



Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit mulut dan kuku. Bakteri penyakit ini mampu hidup dalam daging hewan yang bisa kita makan. Cara satu-satunya untuk menghilangkan dan mencegah penyebaran penyakit ini yaitu dengan pemusnahan. Jadi semua hewan yang terinfeksi akan dibunuh dan dikubur agar tidak menular ke hewan yang lain.
Hewan yang terinfeksi bakteri ini kan mengalami keracunan darah, pneumonia dan akhirnya mati. Ciri-ciri utama penyakit ini adalah adanya luka di bibir dan kukunya. Penyakit ini bisa menular ke manusia melalui daging yang dikonsumsi dan juga udara atau kotoran hewan tsb. jadi, kita mesti hati-hati nih kalau mau milih daging apalagi daging yang dijual di pasaran.

3. Flu burung



Penyakit yang paling sering kita dengar di Indonesia karean memang sempat menjadi tempat penyebaran dan mengakibatkan banyak nyawa yang melayang. Virus lah yang menjadi penyebab penyakit ini. Virus ini bisa menyebar melalui udara dan kontak dengan penderita atau hewannya. Seperti namanya, penyakit ini menyerang unggas dan telurnya. Kalau ingin selamat ya kita mesti masak tuh telur dan daging unggas bener-bener mateng. Virus yang menyebabkan penyakit ini namanya H5N1.

4. Demam berdarah



Penyakit yang sering kita jumpai di Indonesia. Ini penyakit disebabkan oleh nyamuk aides aigepty. Demam inisering kali di samakan dengan demam biasa padahal beda jauh. Dengan fasenya yang juga disebut denagn fase pelana kuda kita harus waspada dengan penyakit dan demam ini.  Ternyata penyebab penyakit ini adalah virus. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran virus ini yaitu dengan membasmi nyamuknya.

5. Penyakit PES


 
Penyakit ini ditularkan oleh tikus pada manusia sebenarnya ga Cuma tikus aja sih tapi hewan pengerat yang lain juga. Bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini punya nama yang sangat indah, Pasteurella pestis. Proses penyebaran dan asal mula penyakit ini belum diketahui sampe sekarang.  Ada yang bilang kalu penyakit ini awalnya disebarkan oleh tentara mongol yang menyerbu Eropa. Ada juga yang bilang kalau penyakit ini dibawa para pedagang yang berasal dari India.
 
6. Flu babi 
 
Penyakit ini disebabkan oleh virus H1N1. satu-satunya cara mencegah penularan penyakit ini yaitu dengan pemusnahan. Virus ini berasal dari spanyol yang disebut dengan Spanish flu. Penyakit ini menyerang hewan ternak, biasanya babi. Hewan ini juga disebut-sebut sebagai perantara antara penyakit hewan dan manusia karena di dalam tubuh hewan inilah virus-virus itu berevolusi sehingga berhasil menyerang tubuh manusia. Beberapa hali menyarankan untuk menghindari daging mentah dan berada di dekat peternakan agar terhindar darei infeksi virus.

7. Bubonic plaque



Penyakit ini pernah menjadi salah satu penyakit paling dahsyat di eropa karena telah menghilangkan nyawa 50 juta orang gara-gara wabah ini. Wabah ini juga disebut dengan “Black Death” di Eropa. lainnya. Gejala penyakit ini adalah adanya bengkak dan kemerahan di ketiak dan daerah lipatan tubuh manusia lainnya kemudian penderita akan mengalami sakit kepala yang hebat dan disertai dengan demam yang sangat tinggi. Yah, itulah beberapa penyakit yang ditularkan oleh hewan-hewan yang berada di sekitar kita. Kita harus waspada dan menjaga kebersiahn karena umunya hewan yang menginfeksi kita dengan beragam penyakit adalah masalah sanitasi.


0 komentar:

Posting Komentar